Minggu, 19 Februari 2017

Karya Ilmiah Makelar Di Dunia Internet

Tags


Alfi Yusron Aulia
16.11.0789

1. Abstrak 

Karya ilmiah ini membahas tentang bagaimana kita bekerja sebagai makelar di dunia internet, apa itu makelar ? makelar adalah orang yang bertindak sebagai penghubung antara 2 belah pihak yang berkepentingan contohnya lebih banyak adalah kepada pihak-pihak yang melakukan jual beliDengan banyaknya situ jual beli online yang tersedia sekarakang seperti Bukalapak, Lazada, Toko Pedia dll, kita bisa mengambil keuntungan dengan menjadi makelar Toko-toko online tersebut.

2. Isi

Berkembanya internet di indonesia mengakibatkan banyaknya usaha-usaha baru di dunia internet, Yang menarik, kini semakin banyak model bisnis online yang sebenarnya mengadopsi sistem makelar. Sebut saja affiliate, reseller, dropship, kemitraan hingga jasa periklanan. Semua pada dasarnya mempunyai tujuan utama yakni menghubungkan antara pihak yang membutuhkan produk atau jasa, dengan pihak yang mampu menyediakan produk atau jasa tersebut. 

Kembali pada konsep dasar makelar kita harus jeli melihat pasar kemudian menghubungkan kedua pihak tersebut. Cukup simple, namun jika di terapkan di ladang bisnis online mungkin banyak dari rekan-rekan yang merasa menjadi makelar online tidak semudah itu. Oke, pertama-tama kita bahas mengenai konsep pembeli dan penjual di bisnis online terlebih dahulu.

a. Menemukan Konsumen Online

Sebelum menjadi seorang makelar online kita harus faham dari mana dan bagaimana mengelola konsumen online tersebut. Dengan semakin berkembanya akses internet di indonesia akan semakin memperbesar potensi pencarian kebutuhan mereka secara online. Kita harus bisa memanfaatkan  yang namanya "chanel" online yang dapat menampung para konsumen online tersebut dapat diwujudkan dalam 2 bentuk yakni komunitas dan brand.

contoh komunitas : forum-forum online

contoh brand : Facebook Page

b. Menemukan Penyedia Produk Atau Jasa 

Yang kedua adalah penyedia produk atau jasa yang akan kita jembatani. Dalam mencari atau memilih rekanan produsen, kita harus cermat tentunya dalam hal ini potensi pencarian produk tersebut via online. Jangan sampai kita memfasilitasi produsen dengan produk atau jasanya sangat minim sekali di cari di Internet.
Produsen di bagi menjadi 2 yaitu :

Off-Based Location adalah Produsen yang tidak mengharuskan adanya lokasi khusus untuk menjalankan bisnis tersebut. 
Contohnya adalah model bisnis dropshipdimana ketika order masuk kita hanya tinggal menyampaikan pada produsen dan semua proses selanjutnya telah di tangani oleh produsen.

On-Based Location adalah Produsen yang membutuhkan tempat khusus untuk menjalankan bisnisnya. Pada umumnya model On-Based Location lebih banyak didominasi penyedia jasa bukan produsen barang. 
Contohnya adalah ketika kita berpartner dengan bisnis bimbingan belajar.

Ini merupakan model konvensional dan sebenarnya sangat mudah dijalankan. Mungkin rekan-rekan pernah melihat ibu-ibu atau mahasiswi yang sering update produk fashion dan kecantikan pada akun media sosial mereka. Itu merupakan penerapan paling mudah sebagai makelar online.
Semua komponen diatas harus dipahami betul jika ingin menjadi seorang makelar online yang hebat. Intinya adalah menjalankan peran kita dalam hal menjembatani produsen dan konsumen.

3. Referensi

https://www.maxmanroe.com/peluang-usaha-menjadi-makelar-online.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Makelar

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon